khas klaten

Jajanan Khas Magelang dan Klaten
Dari Ayam Panggang Sampai Getuk Trio

l KE MENU UTAMA l

Siapa sangka kedua kota kecil ini memiliki perbendahraan makanan yang asyik punya. Klaten, misalnya, ayam panggangnya begitu populer. Begitu juga Magelang. Getuknya sungguh bikin kota ini naik daun. Sampai-sampai Magelang dijuluki Kota getuk.

AYAM PANGGANG

Mampir ke Klaten jangan lupa mencicipi ayampanggangnya yang berbahakan baku ayam kampung ini. Kondang dengan rasanya yang legit, manis-manis gurih dengan saus khasnya yang terbuat dari santan kelapa. bau santan yang terkena bara arang makin menggelitik perut kita. ayam panggang Klaten ini pas sekali dinikmati sebagai teman makan nasi hangat. Nah, salah satu toko di Klaten yang ayam panggangnya sangat enak adalah di Toko Florida. Letaknya di jl. Pemuda Tengah No. 61. Kalau kita terlambat sedikit, bisa-bisa kehabisan.

“sejak buka pukul 8 pagi, sudah banyak yang pesan. Padahal ayam panggangnya belum matang,’ ujar Ny. Susanna Dewiyanti, pemilik dan pembuat ayam panggang Toko Florida.Ayam panggang yang sudah terkenal sejak tahun 1960-an ini sebetulnya dulunya bukan dibuat oleh keluarga Susanna. “Ibu saya, Ny. Yustin hanya menerima titipan dari orang lain,” kisahnya.

Tetapi karena si pengusaha ayam panggang ini berniat menghentikan usaha ayam panggang yang dititipi itu, ia menjual usaha tersebut kepada Yustin. “Sejak itulah kami membuat sendiri ayam panggang. kami tak hanya berbekal resep asli ayam panggang, tapi sekaligus para pegawainya. Bahkan, kami turun tangan membuat menangani sendiri pembuatannya,” keanng Susan.

Sebagai pembuat ayam panggang khas Klaten yang terkenal, masalah peniruan tentu tak dapat dipungkiri. “Banyak yang berjualan putar kampung dan menyatakan bahwa ayam panggang jualannya mengambil dari Florida. Padahal kita tidakmenjual door to door.

Ayam panggang buatan Susanna tahan hingga dua hari satu malam. Asalkan jangan dikemas dalam keadaan panas. Dalam sehari Toko Florida mampu menjual ayam panggang sebanyak 8-10 ekor. Lain halnya saat liburan, bisa sampai 20 ekor per hari. Tipa potong ayam di jual Rp. 7.500 sedangkan seekornya berkisar Rp. 20 ribuan.

ROTI MUNCUL

Untuk penduduk sekitar Kabupaten Klaten dan sekitarnya, Roti Muncul bukanlah makanan asing. Kala mengadakan acara arisan atau upacara berkabung, mereka pasti memesan roti semir dari Roti Muncul. Ada sejak tahun 1954, Roti Semir Muncul tetap bertahan hingga kini. Tiap hari memproduksi sekitar 2.000 buah roti. “Itu belum termasuk pesanan, lo. kalau ad apesanan, kita bisa peoduksi lebih dari 2.000 buah,” terang Ny. Medy Sigit Purnomo.

Saat ini pelanggan Roti Muncul bukan hanya dari Klaten. Belakangan banyak pemesan dari Yogyakarta, Prambanan hingga Wonosobo. Padahal roti seharga Rp.250 per buah ini tanpa mempergunakan bahan pengawet. “Pokoknya tiap hari harus habis. Kami tak pernah menyimpan roti buatan kami. Jadi dijamin tanpa ada bahan pengawet walaupun bisa bertahan 3 hari.

SOTO BEBEK

Bagi penyuka aneka soto, harus mencicipi hidangan yang satu ini. Sepanjang jalan raya antara Yogya – Klaten, tepatnya di daerah pabrik gula Gondangwinangun, berjejer warung soto bebek ini. Menilik dari namanya tak salah kalau bahan bakunya memang dari daging bebek. Kebanyakan orang mengatakan bahwa daging bebek biasanya anyir dan alot. Jangan salah, soto bebek khas Klaten, sungguh empuk dan bebas dari bau anyir.

Daging bebeknya selembut daging ayam dan kuah sotonya segar. Kalau kita ingin memperoleh soto beserta daging bebek, harus bergegas karena warung soto ini sudah buka sejak pukul 6.00 pagi. Menjelang makan siang biasanya bebek gorengnya sudah habis.

Salah satu warung soto bebek yang terkenal di daerah Klaten adalah Soto Bebek Ny. Suwarni. Harganya cukup terjangkau, Rp. 2.000 per mangkuk dan bebek gorengnya Rp. 3.000 per potong hingga Rp. 22.500 per ekor. Soto ini hanya bisa ditemui di wilayah Klaten saja. Selain dinikmati sebagai soto, akhir-akhir ini di kedai soto bebek juga disediakan nasi putih beserta lalap dan sambal sebagai teman makan bebek goreng.

“Soalnya banyak permintaan. Jadi, ini menu baru. Tetapi kebanyakan memang orang mencari bebek gorengnya karena khas. Bumbunya hanya dibacem hingga empuk lalu digoreng sebentar. Rasanya manis gurih,” terang Ibu Suwarni.

Leave a response and help improve reader response. All your responses matter, so say whatever you want. But please refrain from spamming and shameless plugs, as well as excessive use of vulgar language.

Tinggalkan komentar